Wednesday 19 September 2012

Menyoal Kebudayaan Kita

0 comments
Kebudayaan terkikis oleh derasnya cucuran informasi yang merasuki setiap otak anak-anak bangsa. Tidak berharap banyak akan pengetahuan tentang sejarah bangsa, kerajaan-kerajaan yang jaya pada masanya sebagai cikal bakal Negara, pengetahuan tentang kebudayaan yang masa ini masih adapun tidak banyak yang memperhatikan, termasuk saya sebagai orang (yang masih bisa dikatakan pemudi) belum mengetahui dengan gamblang dan benar-benar mengenal Indonesia secara utuh.


Luasnya Negara tidak pantas menjadi alasan pembelaan akan ketidaktahuan bangsanya, banyak masyarakat yang berlomba-lomba untuk menciptakan dan memperkenalkan budaya dan kreasi barunya, kita tidak biasa mengatakan hal itu salah, karena kebudayaan sendiri pada dasarnya akan terus berkembang dan berubah akan tetapi kita idak bisa begitu saja menggantikan dan melupakan masa lalu, kreasi masa lalu karena semakin kita mengenal dan memahami masa lalu atau sejarah maka akan semakin jauh dan matang kita berfikir sebagai personal maupun sebagai kelompok masyarakat dalam suatu bangsa, semakin sebuah bangsa menghargai sejarahnya maka akan semakin besar pula bangsa itu,  maka dari itu let’s know more about Indonesia.

First about the island of Indonesia
“berapa banyak pulau di Indonesia?” Terdapat ketidakpastian jumlah pulau sebagai kesatuan Republik Indonesia, karena kita tahu bahwa Indonesia termasuk Negara kepulauan, sejauh ini Departemen Kelautan dan Perikanan melalui lembaga yang pada tahun 2005 baru dibentuk yaitu National authority on geogrhapical names menyatakan jumlah pulau yang ada di Indonesia adalah sebanyak 17.480 dan baru 4.891 pulau yang sudah mempunyai nama. Kemungkinan besar, hal inilah yang menjadi sebab mudahnya klaim kepemilikan dan penjualan pulau-pulau di wilayah Indonesia. Bagaimana kita bisa melindungi bangsa ini kalau kita saja tidak mengeahui pasti berapa banyak pulau yang dimiliki oleh Indonesia. Yang jelas, ketika Negara atau secara perseorangan mengklaim sebuah pulau, dengan kata lain terdapat suatu potensi yang terlihat di pulau tersebut dan jelas mengandung nilai ekonomis yang tinggi. Mari kita berfikir mudah dan sederhana, kita pastikan dan daftarkan jumlah dan nama pulau-pulau yang ada di Indonesia kemudian mari kita bersama-sama searching for the potention of that island, kemudian kita bangun bersama-sama sesuai dengan potensi pulau tersebut. Memang akan membutuhkan biaya dan dana yang besar untuk hal itu semua akan besar tetapi hal ini juga akan memberikan masukan yang besar untuk masa yang akan datang.
[To be Continued]


Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...